Amilin, Komisioner BNSP, Buka Wawasan Mendirikan LSP Berlisensi BNSP untuk Rektor PTNU

- Pewarta

Jumat, 29 Desember 2023 - 16:36 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kegiatan SG ini dihadiri oleh para pimpinan dan mahasiswa/i Perguruan Tinggi NU (PTNU) se-Indonesia yang dilaksanakan melalui media Zoom Meeting, (28/12/2023).

Kegiatan SG ini dihadiri oleh para pimpinan dan mahasiswa/i Perguruan Tinggi NU (PTNU) se-Indonesia yang dilaksanakan melalui media Zoom Meeting, (28/12/2023).

FOKUSSIBER.COM – Rizqon Halal Syah Aji, salah seorang Pengurus inti LPT-PBNU (Lembaga Pendidikan Tinggi-PBNU), sekaligus sebagai Akademisi yang berpengalaman, lulusan Program Doktor (PhD) dari University Kebangsaan Malaysia, terus berupaya membangun SDM NU menjadi SDM yang profesional dan kompeten.

Kali ini, Rizqon menggandeng salah seorang Komisioner BNSP, Prof. Amilin, yang juga Guru Besar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dengan mengundangnya sebagai Narasumber dalam kegiatan Studium General (SG) yang diselenggarakan oleh Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen, Jawa Tengah, bekerjasama dengan BNSP dan LPT-PBNU (28/12/2023).

Kegiatan SG ini dihadiri oleh para pimpinan dan mahasiswa/i Perguruan Tinggi NU (PTNU) se-Indonesia dengan mengangkat tema:

“Membangun Profesionalisme Lulusan PTNU untuk Mengisi Pasar Kerja Global Dengan Bekal Sertifikasi Profesi”, yang dilaksanakan melalui media Zoom Meeting.

Kegiatan SG ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada para pimpinan PTNU dan para mahasiswanya tentang pentingnya memiliki sertifikasi kompetensi profesi dalam rangka menyiapkan persaingan global menuju Indonesia Emas 2045.

Acara SG dibuka oleh Wakil Ketua LPT-PBNU Dr. A. Luthfi Hamidi, M.Ag. Dalam sambutan pembukaannya, Luthfi menyampaikan amanat bahwa “Lulusan PTNU harus bersiap menghadapi persaingan kerja di era global dan harus memenangkan persaingan itu dalam rangka menuju Indonesia Emas 2045 “.

Lebih lanjut, Rektor IAINU Kebumen Dr. Benny Kurniawan, M.Pd.I memberikan arahan, “untuk mewujudukan cita-cita ini, PTNU perlu menyiapkan bagi calon lulusannya.

Dengan menggandeng BNSP, untuk menyiapkan tenaga kerja bersertifikasi kompeten yang direkognisi oleh pasar tenaga kerja, baik di level nasional maupun internasional”, ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen Jawa Tengah, Dr. Umi Arifah, S.Pd.I dalam sambutannya menyatakan, “basis NU ini secara demografi jumlahnya sangat besar dalam komposisi angkatan kerja di Indonesia,”.

Lebih lanjut Umi menyatakan optimismenya, “jika para mahasiswa PTNU disiapkan dengan baik, dibekali dengan keahlian yang dibutuhkan oleh pasar tenaga kerja global, dan tersertifikasi BNSP.

Saya sangat opitimis bahwa SDM NU akan memainkan peran kunci dalam membawa Indonesia Emas 2045 untuk memenangkan persaingan global”, ujarnya.

Baca Juga:

Kadin Indonesia dan BNSP Jalin Kerja Sama untuk Peningkatan Kompetensi Kerja Nasional

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Harmonisasi Pendidikan Vokasional: MABES TNI Kunjungi BNSP

Komitmen Pemberantasan Korupsi: BNSP dan LSP KPK Bersatu dalam Upaya Meningkatkan Standar Kompetensi

Sebagai narasumber, dalam paparannya, Amilin menyatakan, “di bawah Kepemimpinan Pak Syamsi Hari, BNSP siap bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menyiapkan SDM Indonesia yang profesional dan kompeten, untuk mengisi pasar kerja global dengan menyiapkan program sertifikasi profesi”.

Khusus untuk kalangan perguruan tinggi, “BNSP memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi perguruan tinggi untuk mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Kesatu (LSP-P1) yang berlisensi BNSP”, ujar Amilin.

Kegiatan Studium General ini berjalan lancar dan dinamis, dipandu oleh Moderator, Jauhar Faradis, SHI, MA, CMA,  seorang Asesor Kompetensi Berserifikat BNSP, yang juga berprofesi sebagai Dosen, sekaligus menjabat sebagai Manajer Sertifikasi LSP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Para peserta SG terlihat sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan SG ini, yang ditandai dengan banyaknya peserta yang hadir memenuhi ruang zoom meeting dari awal hingga selesainya acara.

Pada sesi tanya jawab, suasana diskusi berjalan begitu hangat, dinamis, dan kondusif, sehingga para peserta mendapat banyak pencerahan ilmu pengetahuan dari narasumber tentang pentingnya sertifikasi kompetensi profesi bagi mahasiswa.

Di akhir sesi paparan Amilin berharap, “setelah selesai kegiatan Studium General ini, perlu ada langkah konkrit dari para pimpinan PTNU untuk menyiapkan dokumen usulan kerjasama kepada BNSP, setelah itu segera bersiap untuk proses mendirikan LSP”, ujarnya.

Berita Terkait

Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Prabowo Subianto Halal Bihalal bersama Gibran dan Kerabat di Kertanegara
Jasasiaranpers.com Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin
Istana Tanggapi Soal Usulan Hadirkan Presiden Jokowi ke Sidang Sengketa Pilpres 2024 di MK
Prabowo Subianto Kunjungi PM Malaysia Anwar Ibrahim, Tukar Pendapat Soal Karier dan Pengalaman
Terkait Kasus Korupsi PT Timah Tbk, Akhirnya Kejaksaan Agung Buka Peluang Periksa Artis Sandra Dewi
Ucapkan Selamat atas Kemenangan Pilpres, PM Jepang Fumio Kishida Sambut Prabowo Subianto di Tokyo
Terkait Pemanggilan 4 Menteri Kabinet dalam Sidang Sengketa Pemilu di MK, Begini Respons Jokowi
Di Tengah Tekanan PDIP dan Sidang MK, Jokowi Gelar Buka Puasa Bersama Relawan di Istana Kepresidenan
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Senin, 8 April 2024 - 11:23 WIB

Berikut Ini Penjelasan Resmi Pihak Bank Indonesia Terkait Soal Uang Pecahan 1.0 yang Viral di Medsos

Rabu, 3 April 2024 - 11:04 WIB

Tirta Kahuripan Tetap Layani 225.134 Pelanggan Meski Libur Panjang Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Rabu, 20 Maret 2024 - 14:53 WIB

Kementerian Keuangan Beri Penjelasan Soal Peringkat Kredit Indonesia di Level BBB oleh Fitch Ratings

Minggu, 17 Maret 2024 - 02:14 WIB

Diskusi Strategis: LSP PM dan BNSP Fokus Pada Pertumbuhan

Sabtu, 9 Maret 2024 - 03:33 WIB

BNSP dan LSP Talenta Wirausaha Nusantara: Sukses di Sarasehan tentang Kewirausahaan dan UMKM

Rabu, 6 Maret 2024 - 14:35 WIB

Apresiasi Pencapaian Ekonomi Indonesia, Capres Prabowo Subianto: Pemerintahan Pak Jokowi Sukses

Rabu, 6 Maret 2024 - 09:31 WIB

Jaga Ketersediaan Pangan dan Stabilisasi Harga, Bapanas Gelar Koordinasi Lintas Kementerian dan Lembaga

Minggu, 3 Maret 2024 - 12:38 WIB

Melesat, Volume Transaksi Cash Management di QLola by BRI Tumbuh 33,9% Capai Rp6.788 Triliun

Berita Terbaru