Penyuluhan Narkoba di SMPN 1 Candi Sidoarjo: Upaya Menghindari Dampak Buruk

- Pewarta

Jumat, 16 Februari 2024 - 22:33 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Yayasan Rehabilitasi Korban Narkoba (YR KOBRA) Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMPN 1 Candi Sidoarjo, (16/02/24). (Doc.Ist)

Yayasan Rehabilitasi Korban Narkoba (YR KOBRA) Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMPN 1 Candi Sidoarjo, (16/02/24). (Doc.Ist)

FOKUSSIBER.COM – Yayasan Rehabilitasi Korban Narkoba (YR KOBRA) kembali menjelajahi dunia sekolah demi memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba.

Kali ini, giliran SMPN 1 Candi Sidoarjo, Jawa Timur, yang menjadi sasaran kunjungan penyuluhan, Candi (16/02/24).

Lebih dari 100 siswa-siswi turut serta dalam kegiatan ini, dengan masing-masing kelas diwakili oleh 3 perwakilan siswa.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMPN 1 Candi, Bapak Drs. Sunarto, yang berpesan,

“Semoga semua siswa bisa mengikuti kegiatan ini hingga selesai, dan mengambil manfaat dari ilmu yang disampaikan oleh para pemateri untuk bisa disharing kepada teman-teman mereka.” Pak Narto, begitu beliau akrab disapa, menegaskan.

Sebelum masuk ke inti acara, Ketua Umum Yayasan Rehabilitasi Korban Narkoba Jawa Timur, Tjatur Agus Prabowo, menekankan,

“Ini saat yang tepat untuk memberikan edukasi sebagai langkah pencegahan agar seluruh siswa tahu cara melindungi diri dari bahaya narkoba, terutama jenis pil koplo yang rentan mengincar anak-anak usia dini.”

Ibu Retno Dwi Hapsari SE., MM., Konselor Adiksi YR Kobra Jatim, menyampaikan materi tentang FOMO (Fear Of Missing Out) dan Bahaya Narkoba dengan cara berbagi pengalaman kepada para peserta.

Menurutnya, FOMO adalah rasa takut tertinggal yang bisa memicu penyalahgunaan narkoba. Beliau juga menjelaskan dengan jelas tentang jenis-jenis narkoba dan cara menghindarinya.

Sesi tanya jawab pun berlangsung antusias, di mana beberapa siswa menyampaikan pertanyaan untuk mendapatkan pemahaman lebih lanjut dari Ibu Retno.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemberian dan penggunaan rompi Satgas Anti Narkoba yang diberikan langsung oleh Ketua Umum YR Kobra Jatim.

“Para siswa yang ditunjuk sebagai Satgas memiliki tanggung jawab untuk mengawasi dan mengingatkan teman-teman mereka agar waspada dan menjauhi narkoba,” tandas Tjatur, yang disambut serentak oleh semua siswa dengan semangat.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama antara tim YR Kobra, guru BK, dan seluruh siswa yang mengikuti penyuluhan anti narkoba.

Atikel ini tayang pertama kali di portal JATIMRAYA.COM

Sempatkan juga untuk membaca artikel menarik lainnya, di portal berita Jazirahnews.com dan Infobumn.com

Berita Terkait

Nahdlatul Aulia Gelar Istighosah di Stadion Madya, GBK: Doa Bersama untuk Pemilu Damai
Diduga Mabuk Mengemudi Motor Bertabrakan dengan Minibus di Magetan, Jasad Anggota Polisi Bau Arak
Warga Terdampak Berjumlah 79 KK atau 374 Jiwa, Waspada Banjir Susulan di Wilayah Seram Bagian Barat
Tidak Cakap Berenang Saat Bermain Air, 2 Pemuda Tewas Tenggelam di Sungai Bendung Gondrog
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Kamis, 21 Desember 2023 - 21:58 WIB

BNSP Gandeng KJRI Hongkong dan LPK Migran, Tingkatkan Standar Sertifikasi Profesi

Berita Terbaru